RPP Tema 6 (Cita-citaku) Subtema 1 Pembelajaran 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
02

Nama Sekolah        : 
Kelas/Semester      :   IV/II
Tema                      :   6.  Cita-Citaku
Subtema                 :   1.  Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran ke    :   2
Alokasi Waktu        :  7 x 35 menit


      A.     Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya  berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah da tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistimatis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahklak mulia.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulisan dengan tujuan kesenangan
4.6. Menuliskan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
Indikator :
3.6.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri  puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar
4.6.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci
            IPA
Kompetensi Dasar
3.2.   Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan upaya pelestariannya

             4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya
Indikator :
3.2.1. Menyimpulkan daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat
4.2.1. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
SBdP
Kompetensi Dasar
1.2.Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2.Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
             Indikator :
3.2.1. Mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar
4.2.1. Menyanyikan lagu dengan tempo yang berbeda dengan tepat
             C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda,siswa mampu mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar.
2.      Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda,siswa mampu bernyanyi dengan tempo yang berbeda dengan tepat.
3.      Melalui kegiatan mengamati sebuah puisi,siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.
4.      Melalui kegiatan mengamati daur hidup kupu-kupu dan belalang,siswa mampu membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
      Bahasa Indonesia
Ø  Ciri - Ciri Puisi
IPA
Ø  Daur Hidup Makhluk Hidup
SBdP
Ø  Tanda Tempo dan Tinggi Rendah Nada
E.PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN :
1.      Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik     (Mengamati,Menanya,Menalar,Mencoba dan Mengkomunikasi)
2.      Metode pembelajaran        : Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
       F.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan
1.      Siswa menjawab salam dari guru
2.      Guru mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kondisinya
3.      Berdoa bersama dipimpin oleh siswa
4.      Guru melakukan appersepsi dengan meminta siswa mengamati gambar dalam buku siswa hal.13
·         Apakah pekerjaan seorang peneliti?
·         Apa?
5.      Guru menyampaikan tema,tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan
6.      Guru memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa bersama guru menyanyikan lagu  “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”(mengomunikasikan)
2.      Dengan bimbingan guru siswa mempelajari notasi dan cara menyanyikan lagu “Kupu-Kupu Yang Lucu ”dan Tik-Tik Bunyi Hujan”dengan tempo yang sesuai (mengomunikasikan)
3.      Guru menjelaskan tentang tempo lambat dan tempo cepat sesuai dengan symbol yang digunakan untuk menandai cepat atau lambat lagu dinyanyikan
4.      Siswa mengamati penulisan lagu”Kupu-Kupu Yang Lucu”dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”dengan memperhatikan tanda temponya (mengamati)
5.        Siswa menuliskan tanda lagu yang terdapat pada kedua lagu (mencoba)
6.        Siswa menyanyikan kedua lagu dengan tempo yang sesuai (mengomunikasikan)
7.        Siswa mencermati tabel informasi yang berisi keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu (mengamati) 
8.        Siswa memperdalam pemahamannya  tentang tempo lagu dengan menjawab pertanyaan dalam buku siswa hal.14 (menalar)
9.        Guru mengaitkan kegiatan dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
10.    Siswa menyajikan hasil pengamatannya  berupa tanda yang terdapat pada kedua lagu (mengomunikasikan)
11.     Dengan bimbingan guru, siswa membaca puisi “Cita-Citaku dengan lafal dan intonasi yang baik (mengomunikasikan)
12.    Guru memberikan pertanyaan :
·         Apakah makna dari isi puisi tersebut?
·         Apakah kaitannya judul dengan isi puisi tersebut? (mengomunikasikan)   
13.  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan puisi dalam buku siswa hal.16 (mengomunikasikan)   
14.    Siswa mengamati bunyi vocal akhir setiap kata terakhir pada setiap baris puisi dalam  buku siswa hal.16 (mengamati)
15.    Dengan bimbingan guru,siswa membahas kesimpulan setelah mengamati bunyi akhir baris pada setiap bait (mengomunikasikan)
16.    Siswa membaca sebuah puisi lain yang terdapat pada hal.17 dan menuliskan akhir baris-baris  pada bait puisi tersebut (menalar)
17.     Dengan bimbingan guru,siswa membahas tentang vocal akhir pada baris –baris puisi (menalar)
18.    Guru menjelaskan jenis puisi yang memiliki rima yang teratur
19.    Siswa mengamati sebuah bait contoh pantun dan guru dapat memberikan pertanyaan:
·         Apakah perbedaan puisi dan pantun?
20.     Siswa menyajikan hasil pengamatannya dengan menuliskan bunyi akhir baris-baris pada bait puisi tersebut   
21.    Siswa mengamati gambar sebuah kepompong yang menempel di dahan pohon (mengamati)
22.    Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang proses perubahan bentuk/daur hidup  kupu-kupu (mengomunikasikan)
23.    Setelah memahami daur hidup kupu-kupu,siswa mengamati proses daur hidup belalang  (mengamati)
24.      Siswa dibentuk dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa
25.    Siswa mendiskusikan perbedaan siklluss hidup kupu-kupu dengan belalang
26.    Siswa utusan dari setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas (mengomunikasikan)
27.    Guru memberikan penguatan
28.    Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi
210 menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum materi pembelajaran
2.      Siswa dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran
3.      Siswa diberi tindak lanjut berupa PR
4.      Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
5.      Pembelajaran ditutup dengan doa oleh seorang siswa
6.      Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
20    menit
G. PENILAIAN
1. Jenis/Teknik penilaian 
1.      Penilaian sikap               : Tanggung jawab
2.      Penilaian pengetahuan  : Tes tertulis
3.      Penilaian keterampilan  : Praktek
     2. Bentuk Instrumen dan Pedoman Penskoran
1.Lembar observasi penilaian sikap Tanggung jawab
      Nama siswa      :
      Kelas                 :
      Hari / tanggal   :
Sub tema          : 1. Aku dan Cita-Citaku

No

Aspek Pengamatan
S k o r
4
3
2
1
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2.
Melaksanakan tugas yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta




3.
Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





Keterangan :
          4    :    Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3  :  Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
         2     :  Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak   melakukan.
1     :   Tidak pernah,apabila tidak pernah melakukan.
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan

No
Muatan pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk instrumen

Instrumen

Kunci Jawaban

1.






2.





3.

Bahasa Indonesia





IPA





SBdP

Mengidentifikasi ciri – ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.


Menjelaskan  daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.

Menuliskan arti sebuah tanda tempo dalam lagu

Tertulis







Tertulis





Tertulis

Uraian







Uraian





Uraian








1.Tulislah sajak dari puisi berikut?(teks puisi terlampir)




2.Jelaskan  daur hidup kupu-kupu dan belalang!



3.Tulislah arti dari tanda tempo berikut:
a. Andante
b.Allegro


Disesuaikan







Telur-Ulat-Pupa-Kupu-Kupu

Telur-Nimpha-Belalang



a.Andante : sedang
b. Allegro   : cepat

 
Penskoran     :
           No  1    : 3
                  2    : 4
2        : 3
Jumlah skor maksimal 10

3.Instrumen  Penilaian Keterampilan
SBdP






IPA

H. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
     1).Media               :  Gambar-gambar hewan dan tumbuhan,contoh-contoh puisi
     2).Alat                  : 
     3).Sumber             : -Kurikulum 2013
                                     - Buku guru tema 6,Subtema 1,Pembelajaran 2 (hal 12- 20)
                                     - Buku siswa tema 6,Sub tema 1,Pembelajaran 2 (hal 10 – 22)
                                                                     


              Nilai   = Jumlah Skor Perolehan : Jumlah Skor Maksimal x 100




Mengetahui
Kepala Sekolah




..........................................
NIP.

......, ........................................  
Guru Kelas




................................................
           NIP.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Tema 6 (Cita-Citaku) Subtema 1 Pembelajaran 1