RPP Tema 6 (Cita-Citaku) Subtema 1 Pembelajaran 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
01
Nama Sekolah        :  ...............
Kelas/Semester      :   IV/II
Tema                      :   6.  Cita-Citaku
Subtema                 :   1.  Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran ke    :   1
Alokasi Waktu         :  7 x 35 menit

A.     Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya  berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah da tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistimatis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahklak mulia.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulisan dengan tujuan kesenangan
4.6. Menuliskan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
Indikator :
3.6.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri  puisi dengan benar
4.6.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci
            IPA
Kompetensi Dasar
3.2.   Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan upaya pelestariannya
             4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya
Indikator :
3.2.1. Mengidentifikasi  siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan upaya pelestariannya
4.2.1. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
             C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi,siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi dengan benar. 
2.      Melalui kegiatan membuat kesimpulan,siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang cirri-ciri puisi secara terperinci.
3.      Melalui kegiatan melakukan pengamatan,siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.      Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan,siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
D.     MATERI PEMBELAJARAN
      Bahasa Indonesia
Ø  Teks  Puisi
IPA
Ø  Siklus Hidup Makhluk Hidup
E.      PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN :
1.      Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik     (Mengamati,Menanya,Menalar,Mencoba dan Mengkomunikasi)
2.      Metode pembelajaran        : Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan
1.      Siswa menjawab salam dari guru
2.      Guru mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kondisinya
3.      Berdoa bersama dipimpin oleh siswa
4.      Guru melakukan appersepsi dengan meminta siswa mengamati gambar dalam buku siswa hal.1
·         Apa kamu memiliki cita - cita?
·         Apa yang dimaksud dengan cita –cita?
5.      Guru menyampaikan tema,tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan
6.      Guru memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan berbagai profesi (mengamati)
2.      Dengan bimbingan guru, siswa menuliskan kegiatan  berdasarkan gambar (mencoba)
3.      Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-Citaku” (mengomunikasikan)
4.      Siswa dibentuk dalam 4 kelompok
5.      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi ciri –ciri puisi (mengkomunikasikan)
6.        Siswa menyajikan hasil pengamatan dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi (mencoba)
7.        Siswa mengamati bagian-bagian puisi dalam buku siswa hal.5 (mengamati)
8.        Siswa menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi (mencoba) 
9.        Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan (menalar)
10.    Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi seorang dokter hewan serta tugas-tugasnya,dengan menjawab pertanyaan berikut: (mengomunikasikan)
·         Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
·         Apakah tugas utama seorang dokter hewan?
11.      Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan dalam buku siswa hal.6 (mengamati)
12.    Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang pertumbuhan hewan (mengomunikasikan)   
13.    Siswa menyusun gamabr-gambar tahapan pertumbuhan hewan yang benar (mencoba)
14.    Setiap kelompok menuliskan hasil diskusinya tentang pertumbuhan hewan (mencoba)
15.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas (mengomunikasikan)
16.     Guru memberikan penguatan
17.    Siswa bersama guru menyimpulksn hasil diskusi (mengomunikasikan)
210 menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum materi pembelajaran
2.      Siswa dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran
3.      Siswa diberi tindak lanjut berupa PR
4.      Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
5.      Pembelajaran ditutup dengan doa oleh seorang siswa
6.      Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
20 menit
G.     PENILAIAN
1. Jenis/Teknik penilaian 
1.      Penilaian sikap               : Tanggung jawab
2.      Penilaian pengetahuan  : Tes tertulis
3.      Penilaian keterampilan  : Produk
     2. Bentuk Instrumen dan Pedoman Penskoran
1.      Lembar observasi penilaian sikap Tanggung jawab
      Nama siswa      :
      Kelas                 :
      Hari / tanggal   :
Sub tema          : 1. Aku dan Cita-Citaku

No

Aspek Pengamatan
S k o r
4
3
2
1
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2.
Melaksanakan tugas yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta




3.
Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Keterangan :
          4     :  Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3  : Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
         2     : Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak   melakukan.
1     :   Tidak pernah,apabila tidak pernah melakukan.
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan

No
Muatan pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk instrumen


Instrumen

Kunci Jawaban
1.







2.
Bahasa Indonesia







IPA










Mengidentifikasi ciri – ciri puisi.







Mengidentifikasi  siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan upaya pelestariannya.




Tertulis








Tertulis
Uraian








Uraian







1.Jelaskan ciri-ciri puisi !







2.Urutkan tahapan perubahan pada bebek?

3.Jelaskan cara merawat hewan peliharaan?
1. Terdiri dari beberapa baris yang membentuk bait.
2. Memiliki keteraturan bunyi atau sajak


Telur-anak bebek-Bebek dewasa

1.Memberi makanan yang sehat
2. Menjaga kebersihan tuguh hewan
3.Membuat kandang hewan
Penskoran     :
           No  1    : 3
                  2    : 2
2        : 3
Jumlah skor maksimal 8

3.Instrumen Penilaian Keterampilan
Bahasa Indonesia
1.      Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
IPA
2.Menyusun Tahapan Perkembangan Hewan



H. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR

     1).Media               :  Gambar-gambar hewan dan tumbuhan,contoh-contoh puisi
     2).Alat                  : 
     3).Sumber              : -Kurikulum 2013
                                     - Buku guru tema 6,Subtema 1,Pembelajaran 1(hal 1- 11)
                                     - Buku siswa tema 6,Sub tema 1,Pembelajaran 1(hal 1 – 9
    Nilai   =  Jumlah Skor Perolehan : Jumlah Skor Maksimal x 100







Mengetahui
Kepala Sekolah




............................................
NIP.

......., ........................................  
Guru Kelas




.....................................................
NIP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Tema 6 (Cita-citaku) Subtema 1 Pembelajaran 2